Senin, 13 Desember 2010

Acetosal

Ada yang belum pernah sakit kepala atau nyeri haid seumur hidup? Kayaknya semua orang pasti pernah merasakan nyeri. Salah satu obat anti nyeri adalah Aspirin. Mungkin banyak yang sudah pernah dengar kata Aspirin, tapi mungkin belum semuanya tau tentang obat tsb.

Aspirin adalah nama dagang dari Bayer untuk obat yang berisi acetosal atau acetylsalicylic acid. Khasiatnya adalah untuk analgesic/antipyretic (penghilang rasa sakit dan obat turun panas). Pada dosis sekitar 250-500 mg, asetosal berfungsi sebagai analgetik/antipiretik, tetapi pada dosis kecil sekitar 60-110 mg), asetosal juga berkhasiat untuk anti agregasi platelet, atau gampangnya untuk mencegah penggumpalan darah, sehingga banyak digunakan oleh pasien stroke untuk melancarkan peredaran darah. Asetosal dosis kecil terkenal dengan nama dagang Aspilet.

Perlu diingat bahwa asetosal bersifat asam (namanya juga asam asetil salisilat), jadi cukup berefek pada lambung. Buat yang punya gangguan lambung, seperti maag, sebaiknya menghindari menggunakan aspirin. Tapi sekarang mungkin sudah banyak tersedia dalam bentuk “enteric coated”, yang artinya tersalut dengan suatu senyawa yang baru akan larut setelah sampai di usus, jadi nggak bahaya di lambung. Aspirin tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak (di bawah umur 18 tahun), terutama jika mereka sedang mendapat influensa atau chikenpox, karena Aspirin bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya, yaitu Reye’s Syndrom. Sebagai gantinya, gunakan parasetamol yang lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narsizzz..... ^_^

You Love Me