Jumat, 10 Desember 2010

Kepiting yang Lezat


Siapa yang tidak menyukai kepiting? Kepiting merupakan salah satu seafood yang populer. Daging kepiting terkenal gurih dan lezat.

Kepiting dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Anda dapat menjumpai kepiting sebagai menu utama di hotel, restoran, kafe, dan lain sebagainya.


Namun, tidak ada salahnya Anda memasak sendiri di rumah. Dengan harga yang lebih hemat dan kebersihan terjamin, pasti rasa masakan Anda tidak kalah dengan masakan ala hotel bintang lima.

Memilih dan Membeli Kepiting Hidup

Jika Anda berencana memasak kepiting di rumah, maka sebaiknya Anda membeli kepiting hidup agar rasanya lebih lezat. Belilah kepiting dari tempat terpercaya, misalnya langsung dari pedagang yang terjamin kebersihannya atau membeli di supermarket.

Jika Anda membeli dari supermarket, tanyakan kepada petugas berapa lama kepiting tersebut ada dalam kontainer. Hindari bila kepiting tersebut lebih dari seminggu. Pilih kepiting yang masih hidup dan berbau segar. Apa bedanya kepiting jantan dan betina? Kepiting betina memiliki bagian berbentuk segitiga di bawah cangkangnya.

Menyimpan Kepiting

Kepiting hidup sebaiknya segera dikonsumsi. Namun mereka dapat disimpan di lemari es selama empat hari. Masukkan kepiting dalam wadah yang memungkinkan mereka bisa bernafas. Tutup dengan kain lembab.

Letakkan di lemari es hingga Anda siap mengolahnya. Periksa kepiting secara rutin. Jika kepiting telah mati, sebaiknya Anda segera mengolahnya. Kepiting yang telah dimasak dapat disimpan di lemari es selama 3 hari.

Menyiapkan Kepiting

Sebelum dimasak kepiting perlu dibersihkan. Bila kepiting masih hidup, Anda perlu membuatnya mati terlebih dahulu. Biasanya kita membeli kepiting hidup dalam keadaan terikat. Balikkan kepiting hingga kaki menghadap ke atas. Di cangkang bawah terdapat semacam penutup lonjong. Angkat penutupnya, lalu tancapkan obeng ke arah lubang kecil yang terdapat di situ.

Bagi Anda yang akan memasak dengan cara merebus atau mengukus terlebih dahulu, maka lewati saja langkah tersebut. Kepiting akan mati dalam proses direbus atau dikukus. Kepiting dapat dibersihkan atau dipotong-potong baik sebelum atau setelah dimasak (direbus/dikukus).

Memasak Kepiting Lada Hitam

Nah, setelah Anda mengetahui cara memilih, menyimpan, dan menyiapkan kepiting, kini saatnya mencoba resep kepiting lada hitam berikut ini.

Bahan-bahan:

1 ekor kepiting

2 sendok makan minyak sayur

1 buah daun bawang diiris tipis

1 sendok teh minyak wijen

2 sendok teh kecap asin atau sesuai selera

2 siung bawang putih, dicincang

1 buah bawang bombay, diris memanjang

2 sendok makan lada hitam, ditumbuk

4 buah cabai merah, diiris serong

Jahe 5 cm, memarkan

1 butir telur, dikocok

Gula secukupnya

Garam secukupnya



Cara memasak:
Bersihkan dan potong kepiting menjadi 2 bagian.
Panaskan minyak. Tumis bawang putih, cabe merah, jahe, dan lada hitam.
Masukkan kepiting, masak hingga kemerahan. Kocok telur lalu masukkan dalam tumisan.
Tambahkan minyak wijen, kecap asin, gula dan garam sesuai selera.
Masukkan bawang bombay dan daun bawang, aduk hingga rata.
Angkat dan sajikan.

* untuk 1 porsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narsizzz..... ^_^

You Love Me