Minggu, 02 Januari 2011

Gangguan Kesehatan Yang Berhubungan Dengan Makanan (Diet)

Pantang makanan tertentu merupakan tindakan pencegahan dan pengobatan yang terbaik bagi penyakit-penyakit tertentu pula. Berikut ini beberapa di antara penyakit-penyakit tersebut:
Kekurangan Darah (Anemia)
Penderita kekurangan darah memiliki darah yang encer. Penyakit ini timbul jika seseorang kehilangan darah atau darah yang dirusak lebih cepat daripada kemampuan tubuh untuk menggantikannya. Hilangnya darah itu luka lebar. borok lambung dengan perdarahan, atau penyakit disentri dapat menyebabkan kekurangan darah. Begitu pula, perdarahan bulanan (haid) pada wanita akan menyebabkan kekurangan darah jika is tidak makan yang diperlukan oleh tubuhnya. Kekurangan daging, sayuran berwarna hijau gelap dan makanan lain yang kaya akan zat besi dapat menyebabkan kekurangan darah atau memperburuk keadaan kekurangan darah.

Pada anak-anak, penyakit kekurangan darah dapat terjadi karena makanan mereka kekurangan zat besi, atau karena pernberian air susu ibu atau susu botol kepada bayi setelah 6 bulan tanpa memberikan makanan tambahan lain. Penyebab utama dad kekurangan darah yang berat pada anak-anak ialah infeksi cacing tambang, penyakit mencret menahun dan disentri.

Penyakit malaria yang menghancurkan sal-sel darah merah dapat pula menyebabkan kekurangan darah.
Tanda-tanda kekurangan darah:
- kulit pucat dan tembus pandang (transparan)
- pucat dibalik kelopak mata
- gusi pucat
- kuku-kuku jari tangan berwarna putih (pucat)
- lemah dan letih
- jika kekurangan darahnya parah, wajah dan kaki dapat membengkak, denyut jantung menjadi cepat dan penderita mengalami sesak nafas.

Pancegahan dan pengobatan kekurangan darah:
- Makan makanan yang banyak mengandung zat besi. Daging, telur, ikan dan ayam mempunyai kadar zat besi yang tinggi. Hati mengandung kadar zat besi yang sangat tinggi. Sayuran berwarna hijau gelap, buncis, kacang polong dan kacangan lain juga mengandung zat besi.
- Jika sulit mendapatkan makanan yang mengandung zat besi, atau jika penyakitnya parah, maka penderita harus minum zat besi (pil Ferro sulfat). Cara ini terutama panting bagi wanita hamil yang menderita kekurangan darah. Hampir pada semua kejadian kekurangan darah, tablet Ferro sulfat atau sulfas ferrosus lebih manjur dibandingkan dengan sad hati atau vitamin B12. Sebagaimana umumnya, zat besi harus diberikan melalui mulut, bukan dengan jalan suntikkan, karena suntikan zat besi berbahaya.
- Jika penyakit kekurangan darah disebabkan oleh disentri (mencret dengan darah), cacing tambang, malaria dan penyakit lain, maka penyakit-penyakit yang menjadi penyebab tersebut harus diobati pula.
- Jika penyakit kurang darahnya berat dan tidak membaik, mintalah pertolongan dokter. Tindakan ini sangat panting terutama bagi ibu hamil. Banyak wanita menderita kekurangan darah karena kurang makan makanan yang mengandung zat besi untuk menggantikan darah yang hilang selama mendapat bulanan (haid) atau ketika melahirkan anak. Wanita yang kekurangan darah menghadapi bahaya lebih besar jika mengalami keguguran dan perdarahan ketika melahirkan. Oleh karena itu, para ibu harus makan buncis, sayuran berwarna hijau gelap, dan sebanyak mungkin daging, ayam dan telur, terutama selama ibu mengandung. Keluarga berencana yang menganjurkan jarak kehamilan 2 sampai 3 tahun akan memulihkan kekuatan ibu dan memberi kesempatan untuk membentuk darah baru.

Memeriksa tekanan darah (tensi)
Pemeriksaan tensi darah penting pada keadaan berikut:
- Ibu hamil, sebelum dan sesudah melahirkan.
- Pasien kehilangan darah banyak.
- Pasien dalam keadaan shock.
- Usia lebih dari 40 tahun.
- Obesitas.
- Diketahui tekanan darah tinggi sekeluarga.
- Setiap orang dengan gangguan jantung, kesulitan nafas, shock, sakit kepala yang berulang, bengkak, kencing manis, sakit saluran kencing, pembesaran dan atau pembengkakan darah vena.

Normal
Tekanan darah normal orang dewasa rata-rata 120/80 (100/60 sampai 140/90 masih dianggap normal). Biasanya tekanan darah bawah (diastole) lebih penting dalam diagnosa. Misalnya tekanan darah setinggi 140/85 mm Hg, hal ini tidak begitu berarti. Tetapi jika tekanan bawah (diastole) lebih dari 100, biasanya memerlukan pengobatan (misalnya 135/110 mm Hg).

Pada orang dewasa dengan tekanan darah rendah (90/60 sampai 110/70) itu berarti orang tersebut normal dan usia hidupnya akan lebih panjang. Juga jarang mengalami gangguan jantung.

Cara mengukur tensi darah:
1. Pasien harus dalam keadaan santai. Baru olah raga, marah, atau kebingungan akan menaikkan tekanan darah sehingga memberi nilai baca palsu.
2. Ikatkan kain tekanan pada lengan atas dan tutup kunci katup tensimeter.
3. Pompa terus sampai di atas 200 milimeter.
4. Stetoskop diletakkan pada bagian dalam siku-siku.
5. Dengarkan baik-baik dan kunci tensimeter dibuka pelan-pelan. Jarum penunjuk pada tensimeter akan menunjukkan angka pada saat terdengar suara pulsa denyutan jantung.
6. Bacaan pertama denyutan jantung. Ini adalah kontraksi otot jantung yang mendesak darah masuk arteh. Pada orang normal, biasanya sekitar 110 – 120 mm.
7. Kunci tensimeter terus.dibuka dengan pelan-pelan. Bacaan kedua adalah pada saat denyutan jantung mulai terdengar samar-samar atau menghilang. lni namanya tekanan diastole, biasanya normal pada 60 – 80 mm.

Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menimbulkan banyak permasalahan, seperti penyakit jant ung, ginjal dan penyakit pembuluh darah otak (stroke).
Tanda-tanda penyakit tekanan darah tinggi:
- sakit kepala yang berulang-ulang
- jantung berdebar-debar dan sesak nafas ketika gerak badan atau melakukan pekerjaan ringan.
- merasa lemah dan pusing tujuh keliling (vertigo)
- kadang-kadang sakit pada dada dan bahu

ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH
Semua tanda-tanda penyakit tersebut di atas dapat pula disebabkan oleh penyakit lain. Oleh karena itu, jika seseorang mengira dirinya menderita tekanan darah tinggi, ia harus pergi ke petugas kesehatan dan minta agar tekanan darahnya diukur.

Mencegah atau mengatasi tekanan darah tinggi:
- Orang yang mempunyai berat badan berlebih harus mengurangi beratnya.
- Hindari makanan berlemak (terutama lemak babi) dan makanan yang mengandung banyak tepung dan gula. Pakailah selalu minyak sayur, jangan menggunakan minyak babi.
- Kurangi makan garam atau tidak makan garam sama sekali.
- Apabila tekanan darahnya sangat tinggi, petugas kesehatan dapat memberikan obat untuk menurunkannya. Banyak penderita yang ge-muk dapat menurunkan tekanan darah mereka dengan mengurangi berat badan, dan membiasakan hidup santai.

Kegemukan (Obesitas)
Terlalu banyak lemak bukan merupakan keadaan yang sehat, karena dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit pembuluh darah otak, gangguan kandung empedu, kencing manis, peradangan sendi pada tungkai dan kaki dan gangguan lainnya. Orang yang gemuk harus mengurangi berat badannya dengan: – tidak makan makanan berlemak atau minyak seperti kulit ayam/itik, makanan gorengan;
- kurangi makan gula atau makanan yang manis, snack.
- jangan makan terlalu cepat dan banyak, terutama hindari makanan yang mengandung tepung, seperti jagung, roti, kentang, beras, singkong, ketela, dan lain-lain. Orang gemuk tidak boleh makan lebih dart setengah piring nasi setiap kali makan. Akan tetapi, mereka dapat makan banyak buah-buahan, sayuran dan da-ging yang tidak berlemak. Dan jangan berpuasa makan satu kali, karena akan justru lebih lapar sesudahnya dan makan lebih banyak.
- lebih banyak melakukan gerak badan; jalan-jalan balk di rumah atau ke kantor; gunakan tangga daripada lift lentur; berkebun; senam pagi dan keliling sekitar rumah waktu pagi/sore.

Untuk mengurangi berat badan, makanlah separoh dari yang anda makan sekarang dan lebih banyak bergerak badan

Kencing manis (Diabetes mellitus)
Penderita penyakit kencing manis mengandung terlalu banyak gula dalam darahnya.

Tanda-tanda penyakit kencing manis:
- perasaan haus terus-menerus
- buang air kecil yang sering dan banyak
- keletihan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya
- rasa gatal dan peradangan kulit yang menahun

Dan pada keadaan yang berat:
- menurunnya berat badan
- patirasa (kesemutan) atau sakit pada tangan atau kaki
- borok pada kaki yang tidak mau sembuh
- hilangnya kesadaran

Semua tanda ini dapat juga disebabkan oleh penyakit lain. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit kencing manis, maka air kencingnya harus diperiksa. Karena kencing penderita penyakit kencing manis ini rasanya manis, maka tempat bekas kencingnya sering dikerumuni semut. Ini dapat diperhatikan di kamar mandinya dan sering merupakan petunjuk penting.

Cara lain untuk menguji air kencing ialah dengan menggunakan kertas tertentu (misalnya, Uristix dapat dibeli di apotik). Jika warna kertas ini berubah ketika dicelupkan ke dalam air kencing, maka kencing tersebut mengandung gula.

Apabila seseorang menderita penyakit kencing manis setelah berusia 40 tahun, seringkali penyakit ini dapat dikontrol tanpa perlu obat-obatan, melainkan hanya dengan memperbaiki aturan makanannya (diet). Aturan makanan (diet) bagi penderita kencing manis sangat panting dan harus ditaati dengan seksama sepanjang hidupnya.

Aturan makan untuk penderita kencing manis:
Orang gemuk yang menderita kencing manis harus mengurangi beratnya sampai mencapai normal. Penderita kencing manis tidak boleh makan gula atau makanan yang manis. Mereka harus makan makanan dengan kadar protein tinggi (telur, ikan, buncis, sayuran berwarnya hijau gelap, kacangkacangan, daging tidak berlemak, dan lain-lain), dan makanan yang kadar
tepungnya rendah. Sebagian penderita kencing manis terutama yang berusia muda – memerlukan obat khusus (insulin).

Borok Lambung, Perasaan Terbakar di Ulu Hati dan Kelebihan Asam di Lambung
Kelebihan asam lambung dan perasaan terbakar di ulu hati seringkali terjadi akibat makanan berlemak atau akibat minum terlalu banyak alkohol. Keadaan ini menyebabkan lambung menghasilkan tambahan asam, yang menimbulkan rasa tidak enak (rasa penuh, sebah) atau ‘terbakar’ pada lambung atau bagian tengah dada. Sebagian orang mengacaukan perasaan terbakar di ulu hati ini sebagai gangguan jantung, dan bukan sebagai kelebihan asam lambung.

Kelebihan asam lambung yang berlarut-larut atau berulang-ulang merupakan tanda peringatan untuk borok lambung atau usus. Borok lambung/usus merupakan luka menahun pada lambung atau usus halus, dan disebabkan oleh asam lambung yang beriebih.

Penyakit ini dapat diketahui dengan adanya rasa nyeri yang menahun dan tumpul (kadang-kadang menusuk) pada ulu hati. Seringkali rasa nyeri berkurang setelah penderita makan atau minum susu. Seringkali serangan nyeri semakin bertambah jika penderita terlambat makan 2 atau 3 jam, atau setelah is minum alkohol atau makan makanan berlemak atau pedas. Rasa nyeri sering semakin bertambah pada malam hari.

Pada keadaan borok lambung yang parah, dapat terjadi muntah yang kadang-kadang disertai darah. Kotoran yang mengandung darah dari boroi(tersebut biasanya berwarna hitam, seperti aspal.

Pencegahan dan pengobatan:
- Makanlah makanan yang menyembuhkan dan jangan makan makanan yang mengganggu borok tersebut:

Makanan yang menyembuhkan borok:
- Minum 2 galas air sebelum & sesudah makan. Minumlah yang banyak sepanjang hari.
- Keju
- Kepala susu (rum)
- Havermout
- Pisang

Makanan yang tidak berbahaya:
- Telor rebus
- Biskuit (roti marie)
- Kentang rebus
- Ketela
- Supermie
- Pisang yang masak

Makanan yang membuat borok semakin parah:
- Minuman keras
- Kopi
- Rokok
- Cabai dan merica
- Makanan berlemak
- Minuman yang mengandung soda (coca- cola, dan lain-lain).

PERHATIAN:
1. Susu dahulu dianggap salah satu obat terbaik bagi borok lambung. Pendapat tersebut sekarang telah ditinggalkan. Jangan minum susu sebagai obat borok lambung. Hal ini disebabkan karena ternyata susu dapat meningkatkan produksi asam lambung, bukan sebaliknya.
2. Jangan minum obat-obat tertentu seperti tablet Fe (besi), aspirin, corticosterroid, bahkan antacid seperti sodium bicarbonat karena hanya mempunyai pengaruh sementara, lalu segera diikuti rangsangan lebih banyak sekresi asam lambung.
3. Obat antacid yang paling aman adalah magnesium dan aluminium hidroxida.
Sangatlah penting segera obati borok lambung. Kalau dibiarkan penyakit ini akan menjadi lebih berbahaya seperti terjadi perdarahan dan peritonitis. Borok lambung biasanya akan lebih baik bila pasien dapat mengatur cara makannya (makan lebih sering dalam porsi kecil) dan minumannya (minum lebih banyak). Hidup lebih hati-hati; hindari stress, suka marah dan gelisah. Semua ini meningkatkan sekresi asam lambung.

Cobalah belajar hidup lebih rilex dan tentram, diikuti dengan pengobatan sehingga akan mencegah kambuhnya penyakit ini. Pengobatan awal borok lambung atau borok usus merupakan tindakan yang penting. Kalau tidak, penyakit ini dapat menimbulkan radang selaput perut atau perdarahan yang berbahaya. Borok lambung biasanya akan membaik jika penderita berhati-hati dengan makanan dan minumannya. Kemarahan, ketegangan dan kegelisahan dapat memperburuk keadaan. Belajarlah hidup santai dan tetap tenang. Perhatian sepenuhnya sangat diperlukan supaya borok lambung tidak kambuh kembali.

Cara yang lebih baik ialah menghindari penyakit borok lambung dan usus dengan cara makan dengan bijaksana, tidak minum minuman keras dan tidak merokok.

Sembelit (konstipasi)
Seorang yang kotorannya keras dan tidak dapat buang air besar selama 2 hari atau lebih dikatakan menderita sembelit. Sembelit seringkali disebabkan karena makanan yang kurang tepat (terutama kurang makan buah-buahan, sayuran hijau atau makanan dengan serat alami), atau karena kurangnya gerak badan.
Minum lebih banyak air dan makan lebih banyak buah-buahan, sayuran serta makanan dengan serat alami (seperti singkong dan jagung) lebih balk daripada minum obat urus-urus (cuci perut). Orang yang berusia lanjut harus lebih sering berjalan-jalan dan melakukan gerak badan agar buang air besarnya teratur.
Seseorang yang tidak dapat buang air besar selama 3 hari atau lebih, dan tidak menderita gangguan berupa nyeri yang menusuk pada perutnya, dapat minum obat pencuci perut yang ringan (seperti susu magnesia atau megnesium hidroxidal). Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan obat pencuci perut.

Jangan sekali-kali memakai obat pencuci perut yang keras, terutama Jika ada nyeri perut.

Penyakit gondok (Pembengkakan atau benjolan pada leher)
Penyakit gondok adalah pembengkakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) dan terjadi akibat pertumbuhan kelehjar gondok yang tidak normal. Kebanyakan penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Demikian pula, kukurangan yodium pada wanita hamil kadang-kadang menyebabkan bayi meninggal dunia atau dilahirkan dengan kelambatan mental dan/atau tuli (kretinisme). Hal ini dapat terjadi, walaupun ibu tidak menderita penyakit gondok.

Bagaimana mencegah atau mengobati penyakit gondok dan mencegah kretinisme:
- Semua orang yang tinggal di daerah endemis (daerah yang banyak penderita) gondok harus menggunakan garam beryodium. Garam beryodium dapat mencegah penyakit gondok dan dapat menyembuhkan benjolan gondoknya. (Namun, benjolan gondok yang lama dan keras hanya dapat dihilangkan dengan pembedahan/operasi, tetapi tindakan ini tidak selaiu diperlukan).
- Apabila tidak dapat memperoleh garam beryodium, gunakanlah yodium tinctura (larutan yodium dalam alkohol). Masukkan 1 tetes larutan. tersebut dalam segelas air dan minumlah setiap hari. HATI-HATI: terlalu banyak larutan yodiurn dapat menimbulkan keracunan. Minumlah hanya 1 tetes sehari. Simpanlah botolnya di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Garam beryodium merupakan cara pengobatan yang jauh lebih aman.
- Kebanyakan cara pengobatan rakyat untuk penyakit gondok tidak manjur. Akan tetapi, makan kepiting atau makanan laut lainnya dapat membantu penyembuhan karena makanan tersebut mengandung yodium. Mencampurkan sedikit ganggang laut dalam makanan juga menambah kadar yodium. Namun, cara termudah ialah dengan menggunakan garam beryodium.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Narsizzz..... ^_^

You Love Me