Minggu, 27 November 2011

“ENKAPSULASI FARMASETIK”

Penerbit ITB

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga, enkapsulasi merupakan terminology untuk pengkapsulan. Dalam kamus ilmiah (McGraw-Hill; Dictionary of Scientific and Technical Terms), encapsulate (Sci Tech) berarti mengelilingi (surround), pengurangan (encase), atau penutupan (enclose) seperti halnya kapsul. Sebagai contoh pembentukan salut pelindung di sekitar suatu bakteri atau penutupan suatu item, misalnya komponen, elektronika dalam suatu plastik pelindung.

Dalam pengertian farmasi secara umum, enkapsulasi dapat diartikan sebagai penyaluran (coating). Penyalutan bahan farmasetik dapat dilakukan dalam skala makro (misal tablet disalut gula atau salut lapis tipis), skala mikro (mikrokapsul, serbuk), atau dalam skala lebih kecil (misalnya skala nano) untuk tujuan tertentu, misalnya untuk peningkatan efektivitas kerja disamping untuk perlindungan bahan secara fisika, kimia dan biologi.
Makroenkapsulasi yang lebih dikenal dengan terminology penyalutan, luas digunakan dalam farmasi sebagai salut pelindung, untuk menunda pelepasan obat (salut enterik) dan untuk mengendalikan (memodifikasi pelepasan obat). Makroenkapsulasi merupakan teknologi yang luas diaplikasikan di industri farmasi, makanan dan gula-gula (bonbon)
Sistem penghantaran mikropartikulat obat meliputi pelet, mikrokapsul, mikrosfer, liposfer, emulsi dan emulsi multiple. Sistem penghantaran nanopartikulat, terutama nano partikellipid atau polimer (nanokapsul dan nanosfer) mikroemulsi, liposom dan visikel nonionic surfaktan (noisome) merupakan sistem penghantaran obat pada masa yang akan datang. Nanopartikel merupakan sistem penghantaran dengan teknologi mikroenkapsulasi yang saat ini sedang dikembangkan dan luas dibahas di dunia farmasi.
Dalam buku ini dibahas pula masalah peningkatan skala dan validasi proses di industri farmasi. Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan untuk para sejawat dan mahasiwa yang berminat untuk mengembangkan aplikasi teknologi enkapsulasi terutama di industry farmasi
Daftar Isi:
Bab 1     : Pendahuluan
Bab 2     : Inti Salut
Bab 3     : Pewarnaan Sediaan Farmasi
Bab 4     : Penyalutan dan Peralatan Penyalutan
Bab 5     : Salut Gula
Bab 6     : Salut Lapis Tipis
Bab 7     : Penyalutan Secara Kempa
Bab 8     : Penyalutan Panas Lebur
Bab 9     : Mikroenkapsulasi
Bab 10   : Peningkatan Skala Penyalutan
Bab 11   : Validasi Proses
Bab 12   : Sistem Penghantaran Obat Kolodial
Harga Buku: IDR 80,000 (diluar ongkos kirim)
Untuk pemesanan & informasi lainnya hubungi: rizanovara@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narsizzz..... ^_^

You Love Me