Minggu, 27 November 2011

Magnesium Stearat

Magnesium stearat (Mg-stearat) adalah material (eksipien) pertama yang dipilih untuk harmonisasi oleh Pharmacopeial Discussion Group
Mg stearat adalah lubrikan sangat efektif dan luas digunakan. Material aygn berasal dari sumber hewani, merupakan campuran dari stearat dan palmilat, dan merupakan lubrikan yang baik jika dimanufaktur secara proses pengendapan (presipitasi) material berasal dari tanaman berbeda komposisinya.


Mg stearat bersifat hidrofobik dan dapat memperlambat disolusi API dari sediaan padat, oleh sebab itu dalam formulasi diaplikasikan pada konsentrasi terendah.
Ada ermacam bentuk kristalin magnesium stearat, yaitu: anhidrat, dihidrat dan trihidrat dan ada pula bentuk amorf. Bentuk hidrat stabil dengan keberadaan kelembaban, bentuk anhidrat mengabsorbsi kelembaban pada RH sampai 50% dan pada kelembaban tinggi akan embentuk trihidrat. Bentuk anhidrat dapat terbentuk secara pengeringan dari bentuk hidrat pada 105 derajat C.
Sifat fisika dari Mg stearat dapat bervariasi antara bets dari manufakturer berbeda, karena karakterisitik keadaan padat serbuk dipengaruhi oleh variabel manufacturing. Bahkan variasi sifat fisikal ini juga dapat terjadi antara lots dari produsen yang sama.
Jadi bagian kontrol kualitas harus berhati hati dalam menganalisis dan meloloskan Mg stearat; harus jelas spesifikasi mana yang digunakan (USP beda dari Farmakope lain)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narsizzz..... ^_^

You Love Me