Jumat, 10 Desember 2010

Apa Pun Makanannya, Ada Sambal Tomat, Mantap..!!


Apa ya, pelengkap makanan yang paling sedap? Sambal!

Ya, sambal tomat tepatnya. Makanan yang Anda makan akan terasa lebih enak jika dilengkapi dengan sambal tomat. Nasi hangat, ayam goreng hangat, akan lebih mantap disantap dengan sambal tomat. Sambal yang bahannya dominan buah tomat ini memiliki banyak penggemarnya. Dari anak-anak hingga orang tua suka, mengkonsumsi sambal tomat.


Mungkin Anda sudah mengenal jenis sambal tomat yang sudah dikemas. Biasanya dimakan sebagai pelengkap Anda makan ayam goreng, pelengkap nasi goreng, atau pelengkap mie. Tapi tahukah Anda bahwa ada sambal tomat lain yang tak kalah enaknya, dan lebih sehat, karena selain dibuat dari buah tomat asli, membuatnya pun bisa dadakan.

Macam-Macam Sambal

Sebagai orang sunda, penulis suka sekali dengan yang namanya sambal. Di sunda ada banyak jenis sambal, seperti sambal terasi, sambal keluwek, sambal kacang, sambal goang, sambal hijau, dan sambal tomat. Jika Anda berkunjung ke rumah orang sunda, menu makan yang dihidangkan belum lengkap jika belum ada sambal dan lalapan, yang merupakan makan khas orang sunda

Ada dua jenis sambal tomat, yaitu sambal goreng tomat dan sambal tomat biasa. Sebenarnya bahannya sama saja, menggunakan banyak buah tomat yang rasanya asam-asam manis segar itu. Yang membedakan kedua sambal itu adalah proses pembuatannya.

Pada sambal goreng tomat, bahan-bahan yang sudah ada diulek hingga hampir halus. Tetapi bergantung selera juga, ada yang suka halus sekali ada juga yang tidak. Lalu, bahan sambal yang sudah diulek digoreng dengan ditambah air secukupnya. Setelah matang, angkat, dan siap disajikan menemani menu utama Anda. Sambal ini bisa bertahan sampai tiga hari. Anda cukup menghangatkannya jika ingin menghidangkannya kembali.

Adapun untuk sambal tomat dadakan, bahan-bahan dipotong terlebih dahulu lalu digoreng, kemudian diulek. Hasil ulekan bergantung selera Anda, mau halus atau tidak. Mengenai rasa, setiap orang mempunyai selera yang berbeda. Namun menurut penulis, sambal tomat biasa yang biasanya dibuat dadakan akan lebih mantap disantap sebagai teman makan Anda. Penampilannya lebih segar karena dibuat dadakan.

Berikut ini dua resep sambal tomat yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1. Sambal Goreng Tomat

Bahan-bahan:
tomat, 2 buah yang berukuran besar dan masih segar
cabai rawit atau cabai merah, banyaknya bergantung selera Anda
bawang merah, 2 siung
bawang putih, 2 siung
garam, satu sendok teh atau secukupnya
gula putih, satu sendok teh atau secukupnya
air putih, 100 ml atau secukupnya
serai 1 batang
daun salam 1 lembar
minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:
Tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, diulek.
Panaskan minyak goreng, setelah mendidih masukan bahan yang sudah diulek.
Tambahkan air, garam, gula, serai, dan daun salam. Tunggu sampai mendidih, lalu angkat dan siap disajikan.

2. Sambal Tomat Dadakan

Bahan-bahan:
tomat, 2 buah yang berukuran besar dan masih segar
cabai rawit atau cabai merah, banyaknya bergantung selera Anda
bawang merah, 2 siung
bawang putih, 2 siung
garam, satu sendok teh atau secukupnya
gula merah, secukupnya
minyak goreng

Cara membuatnya:
Tomat, cabai, bawang merah, bawang putih, dipotong menjadi dua bagian.
Panaskan minyak goreng, lalu masukan bahan di atas yang sudah dipotong.
Setelah setengah matang, angkat, lalu tiriskan sebentar.
Masukkan ke dalam ulekan, ditambah garam dan gula merah, lalu diulek jangan sampai halus. Sambal tomat dadakan pun siap disantap.

2 komentar:

Narsizzz..... ^_^

You Love Me