Jumat, 25 Februari 2011

hohooo.,., gx nyesal deh trnyta aku pilih "Farmasi"

(◦^⌣').('⌣^◦)
Klo dilihat dari lapangan kerja ke depannya yah:
Farmasi bisa kerja di bidang industri obat dan makanan, rumah sakit, apotek, industri obat herbal, di BPOM, di bagian bioteknologi (vaksin dkk), bisa jadi dosen, scientist murni, konsultan dan banyak lagi.

untuk yang mau bergerak di bidang farmasi industri, bisa bekerja di bagian formulasi obat (tablet, sediaan cair, sediaan injeksi dkk ), quality control, quality assurance, bioekivalensi obat, gitu2 deh. Contoh perusahaan yang terkenal yang ada di indonesia: kalbe farma, kimia farma, bayer, pfizer, novartix, glaxo, novell, soho, abbott, dll.
Terus, sarjana farmasi + apoteker, klo di industri, jenjang karirnya mulai dari tengah ke atas. Jadi, gak mulai dari bawah-bawah amat. Gaji dan sebagainya tergantung perusahaan nya gan.

Klo tertariknya dengan farmasi obat herbal, bisa kerja di perusahaan2 jamu sperti sido muncul, nyonya menir, jamu borobudur, gitu2. Sekitar 5 thun ke depan, kabarnya c, farmsi obat herbal ini lagi berkembang2nya.

Klo tertariknya farmasi klinik, agan bisa kerjanya di rumah sakit-rumah sakit, apotek2, sebagai apoteker atau sebagai konsultan obat gitu. Atau bisa kerja di klinik2 kesehatan sperti Prodia, Pramita, dll.

Klo tertarik di bidang bioteknologi, farmasi juga dibutuhkan dalam pengembangan vaksin dan produk peningkat imunitas lainnya. Bisa kerja di biofarma, biotekindo, bahkan bisa ke WHo..

Klo tertariknya kerja di pemerintahan, lulusan farmasi sebagian besar ditampung di BPOM atau Departemen Kesehatan..

Klo tertariknya di research2 gitu/scientist, bisa kerja di pusat2 research, misalnya pengembangan stem cell cancer. gitu2.. dan perusahaan2 itu udah ada di indonesia semua kok..

Atw, bisa juga kerja di industri alat-alat biomedikal gitu.. Di industri2 yang bikin alat2 yang dibuthkan ma orang2 farmasi/alat2 kedokteran gitu.. hehe.

Terakhir, bisa jadi dosen deh.. ^_^. Dosen bidang farmakologi, farmasetik, farmakokimia atau bahan alam. Semuanya oke..

Jadi, yah menurutku c, farmasi lingkup kerjanya luas. Dah gitu, bisa dsedikit banyak sambil ngabdi ke masyarakat..
Sukses gaknya, tergantung semangat n usaha kita masing2 gan..

Semoga membantu..  


satu lagi yang jarang orang tau tentang bidang farmasi..
bahkan alat kosmetik yang marak dipakai ma cewe2 tuh produk farmasi loh!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narsizzz..... ^_^

You Love Me